Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer Mungkin Menjadi Perdana Menteri Inggris Berikutnya

Keir Starmer, pemimpin Partai Buruh berjalan bersama istrinya Victoria ketika para pendukungnya bertepuk tangan sebelum pidatonya di pesta tersebut

London. Berbakti, manajerial, sedikit membosankan — Keir Starmer bukanlah seorang politisi yang suka menghasut.

Partai Buruh berharap itulah yang dibutuhkan Inggris. Starmer, pemimpin partai kiri-tengah berusia 61 tahun, saat ini difavoritkan untuk memenangkan pemilu pada 4 Juli di negara itu.

Starmer telah menghabiskan empat tahun sebagai pemimpin oposisi yang menyeret partai sosial demokratnya dari sayap kiri menuju jalan tengah politik. Pesannya kepada para pemilih adalah bahwa pemerintahan Partai Buruh akan membawa perubahan – perubahan yang menenangkan, bukan menakutkan.

“Pemungutan suara untuk Partai Buruh adalah pemungutan suara untuk stabilitas – ekonomi dan politik,” kata Starmer setelah Perdana Menteri Rishi Sunak mengumumkan pemilu pada hari Rabu.

Jika Partai Buruh memenangkan pemilu, Starmer akan menjadi perdana menteri Partai Buruh pertama sejak 2010.

Seorang pengacara yang menjabat sebagai kepala jaksa di Inggris dan Wales antara tahun 2008 dan 2013, Starmer dikarikaturkan oleh lawannya sebagai “pengacara kiri London.” Dia dianugerahi gelar kebangsawanan karena perannya memimpin Layanan Penuntutan Mahkota, dan lawan-lawan Konservatif suka menggunakan gelarnya, Sir Keir Starner, untuk menggambarkannya sebagai sosok yang elit dan tidak terjangkau.

Menikah dengan dua anak remaja, Starmer menekankan kredibilitasnya sebagai manusia biasa, terutama kecintaannya pada sepak bola dan dukungannya terhadap tim Liga Premier Arsenal, dan asal usulnya dari kelas pekerja. Dia adalah putra seorang pembuat perkakas dan perawat yang menamainya dengan nama Keir Hardie, pemimpin pertama Partai Buruh.

Ibunya menderita penyakit kronis yang membuatnya kesakitan, dan Starmer mengatakan bahwa mengunjunginya di rumah sakit dan membantu merawatnya meninggalkan bekas yang tak terhapuskan dalam dirinya dan membantu membentuk dukungan kuatnya terhadap Layanan Kesehatan Nasional yang didanai negara.

Dibesarkan di rumah tangga yang kekurangan uang di kota kecil di luar London, dia adalah anggota keluarga pertama yang melanjutkan ke universitas, belajar hukum di Universitas Leeds dan Oxford. Dia mempraktikkan hukum hak asasi manusia sebelum diangkat menjadi kepala jaksa.

Starmer terpilih menjadi anggota Parlemen untuk distrik pusat kota London pada tahun 2015, pada pemilihan yang membuat Partai Buruh dikalahkan oleh Konservatif. Dia sering berbeda pendapat dengan pemimpin saat itu Jeremy Corbyn, seorang sosialis yang setia, dan pernah berhenti dari tim utama partai karena perbedaan pendapat, namun setuju untuk menjadi juru bicara Partai Buruh Brexit di bawah Corbyn.

Starmer merupakan penentang keras keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, namun kini ia mengatakan bahwa pemerintahan Partai Buruh tidak akan berusaha untuk membatalkan keputusan tersebut.

Kritikus mengatakan hal itu menunjukkan kurangnya prinsip politik. Para pendukung mengatakan hal ini pragmatis dan menghormati fakta bahwa pemilih di Inggris tidak mempunyai keinginan untuk meninjau kembali perdebatan Brexit yang memecah-belah.

Setelah Corbyn memimpin Partai Buruh mengalami kekalahan dalam pemilu pada tahun 2017 dan 2019 – yang merupakan hasil terburuk partai tersebut sejak tahun 1935 – partai tersebut memilih Starmer untuk memimpin upaya pembangunan kembali.

Kepemimpinannya bertepatan dengan periode penuh gejolak yang membuat Inggris harus melewati pandemi COVID-19, meninggalkan UE, menerima guncangan ekonomi akibat invasi Rusia ke Ukraina, dan menanggung gejolak ekonomi akibat masa jabatan Liz Truss yang penuh gejolak selama 49 hari sebagai perdana menteri pada tahun 2022.
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer Mungkin Menjadi Perdana Menteri Inggris Berikutnya
FILE – Keir Starmer berbicara di atas panggung selama Konferensi Partai Buruh di Brighton Center di Brighton, Inggris, Senin, 23 September 2019. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)

Para pemilih sudah lelah dengan krisis biaya hidup, gelombang pemogokan di sektor publik, dan kekacauan politik yang menyebabkan Partai Konservatif memberangkatkan dua perdana menteri dalam beberapa minggu pada tahun 2022 – Boris Johnson dan Truss – sebelum mengangkat Sunak untuk mencoba memantapkan pemilu. mengirimkan.

Starmer menerapkan disiplin pada sebuah partai yang memiliki reputasi baik dalam hal perpecahan internal, mengabaikan beberapa kebijakan sosialis Corbyn yang lebih terang-terangan, dan meminta maaf atas antisemitisme yang menurut penyelidikan internal telah dibiarkan menyebar di bawah kepemimpinan Corbyn.

Starmer menjanjikan “perubahan budaya di Partai Buruh.” Mantranya sekarang adalah “negara sebelum pesta.”

Sekutu mengatakan penampilan luar Starmer yang tenang menyembunyikan ambisi baja dan tekad untuk menang. Ketika ditanya oleh The Guardian tahun lalu apa pekerjaan terburuk yang pernah dia jalani, dia menjawab sebagai “pemimpin oposisi.”

“Sebagai pemimpin oposisi, Anda tidak berkuasa dan itu adalah pekerjaan paling membuat frustrasi yang pernah saya jalani, dan saya harap pekerjaan itu tidak akan saya jalani lebih lama lagi,” katanya.

Tantangan Starmer adalah untuk meyakinkan pemilih bahwa pemerintahan Partai Buruh dapat meringankan krisis perumahan kronis di Inggris dan memperbaiki layanan publik yang buruk, terutama layanan kesehatan – namun tanpa menerapkan kenaikan pajak atau memperdalam utang publik.

Beberapa pihak di sayap kiri Partai Buruh menggerutu atas pendekatan sentrisnya dan apa yang mereka lihat sebagai kebijakan yang tidak ambisius. Dia melunakkan janji untuk menghabiskan miliaran dolar untuk berinvestasi pada teknologi ramah lingkungan, dengan mengatakan bahwa pemerintahan Partai Buruh tidak akan meminjam lebih banyak untuk mendanai belanja publik.

Namun perolehan suara partai ini meningkat pesat di bawah kepemimpinannya, yang membantu mempertahankan kritik internalnya.

Pada konferensi partai di

Pada bulan Oktober ia menunjukkan semangatnya, dengan mengatakan kepada para delegasi yang bersorak: “Saya tumbuh di kelas pekerja. Saya telah berjuang sepanjang hidup saya. Dan saya tidak akan berhenti sekarang.” Dia juga menunjukkan ketenangan yang luar biasa ketika seorang pengunjuk rasa bergegas ke atas panggung dan menghujani Starmer dengan glitter dan lem.

Beberapa orang menyamakan pemilu ini dengan pemilu tahun 1997, ketika Tony Blair memimpin Partai Buruh meraih kemenangan telak setelah 18 tahun pemerintahan Konservatif.

Tim Bale, profesor politik di Queen Mary University of London, mengatakan bahwa meskipun Starmer bukanlah “sosok yang sangat menginspirasi seperti Blair, (dia) mengalahkan Rishi Sunak dalam hampir semua indikator tentang apa yang diinginkan masyarakat dari seorang perdana menteri.”

Category:
News

Leave a Comment